Selasa, 06 Desember 2011

Mengatasi Susah Bangun Pagi

        Siapapun pasti suka tidur, tapi  bagaiaman caranya sekarang untuk mengatur agar tidur dan bangun kita lebih teratur. Tidur merupakan proses dimana anggota tubuh kita beristirahat dari aktifitas-aktifitas seharian kita, tidur juga meberi keseimbangan pada tubuh agar menjadi lebih sehat dan bugar. Kita sudah terbiasa bangun pagi ketika kita masih duduk di bangku sekolah karna disini di tuntut untuk bangun jam 07.00. Sekarang pertanyaannya adalah apa yang membuat kita selalu males untuk bangun ketika kita sudah menginjak masa kuliah atau berkerja. Banyak sebab yang membuat kita males bangun diantaranya adalah lebur bekerja, jarak kantor dengan rumah dekat, bosan dengan kegiatan yang menoton yang di lakukan sehari-hari dan masih banyak alasan untuk males bangun tidur.

        Nah, sekarang kita harus mengidentifikasi cara untuk mengatasi malas bangun tidur. Disini kita akan bahas satu persatu masalah yang terjadi dalam diri kita.

Tidur terlalu laraut malam (begadang).
         Tidur terlalu malam (begadang) ini di sebabkan oleh beberapa alasan, anak kuliah biasanya begadang karna mengerjakan tugas kampus yang harus di kumpulkan besok pagi. Penyelesaiannya adalah mengerjakan tugas atau mempersiapkan tugas di jauh hari agar tidak berkerja atau mengerjakan tugas samapai larut malam. Bagi anak muda yang sering online yang cuma bermaen game online sapai larut malam cara mengatasinya dalah dengan mempertimbangkan mamfaat game tersebut yang membuat kita untuk mebela-belain begadang sampai larut malam. Ada yang memang di tuntut untuk menyelesaikan suatu pekerjaan penting yang harus di kerjakan sehingga harus selesai  pada malam itu. Ini biasanya terjadi pada seorang pekerja yang perusahaannya memiliki waktu yang dead line. Biasanya adalah bank pada akhir bulan. 

Sekarang cara untuk membuat kita bangun lebih pagi adalah :

1. Berniat dan Berdoa
    Percayalah kalau niatnya untuk bangun pagi maka otak akan merespon untuk membuat tubuh kita terjaga pada waktu yang dianggap dengan niat tersebut. Ketika waktu bangun telah tiba janga buat tubuh anda ingin melanjutkan tidur ini akan membuat anda akan melanjutkan tidur.
2. Pencahayaan 
    Usahakan atau buat kamar anda tidak terlalu gelap pada saat pagi hari. Ini sagat membantu dalam proses bangun pagi. Karna pasti kita tidak merasa nyaman jika kamar kita sudah terasa terang. Akan lebih baik jika kamar kita langsung dapat disinari oleh matahari pagi. Ini akan sangat lebih baik pula.
3. Bergerak 
     Ketika kelopak mata kita terbuka dan tubuh kita masih belum berkerja secara menyeluruh maka kita harus membuat tubuh kita siap untuk bagun dengan cara bergerak kekiri dan kekanan pada tempat tidur ini merupakan cara mempersiapkan tubuh kita untuk bangun.
4. Buat jadwal teratur

    Tubuh kita menyukai konsistensi. Mengikuti jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari akan membuat tubuh lebih mudah terbangun pada pagi hari. Anda pun akan merasa lebih bertenaga sepanjang hari.

5. Minum

   Ketika tidur, tubuh Anda menggunakan simpanan air dan karenanya akan kehilangan cairan saat Anda bangun. Rehidrasi tubuh Anda dengan beberapa gelas air dingin tak hanya akan menyegarkan tubuh, tetapi juga membantu menstimulasi sistem saraf dan pencernaan Anda. Minumlah air putih sebelum tubuh Anda terisi apa pun.
6. Pilih alarm dengan musik lembut

   Siapa pun tak akan suka terbangun karena suara weker yang memekakkan telinga. Anda juga bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung, karena suara yang mengagetkan bisa memperburuk kondisi orang dengan masalah jantung. Pilih ringtone pada ponsel yang memperdengarkan musik yang lembut, yang membangunkan Anda secara perlahan. Bila perlu, letakkan ponsel sedikit lebih jauh sehingga Anda harus bangkit untuk menonaktifkannya.
7. Segera mandi

   Tahukah Anda, hal paling sulit dilakukan saat bangun pagi adalah mandi? Namun di situlah kuncinya. Segeralah mandi dengan air dingin untuk membangunkan sistem saraf Anda, dan membantu menyadarkan Anda. Usai mandi, tak ada lagi rasa malas karena pikiran dan tubuh Anda sudah “bangun”.
8. Bernafas dalam-dalam

    Bagi sebagian orang, bangun pagi bisa menjadi momen paling mencemaskan. Bayangan mengenai apa yang harus dihadapi di kantor, atau bagaimana mengatasi problem dengan pasangan, akan segera memenuhi pikiran. Maka segera setelah Anda bangun, ambil waktu untuk bernafas dalam-dalam untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Awali hari dengan tenang, agar segala aktivitas berjalan sesuai dengan mood baik Anda.
9. Hindari terlalu banyak minum Kopi

    Kopi memang bisa membuat Anda melek sepanjang hari, namun mengonsumsinya secara berlebihan (lebih dari dua cangkir pada pagi hari) bisa membuat Anda lemas pada tengah hari. Satu cangkir saja sudah cukup membuat kadar energi Anda stabil.

   Inilah uraian tentang bagaimana mengatasi malas bangun tidur semoga apa yang saya paparkan di atas dapat bermampaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar